SISTEM PERKULIAHAN
DI UNIVERSITAS PERSATUAN ISLAM (UNIPI)

UPT Komunikasi dan Humas | UNIPI | May 16, 2019

Perkuliahan di Universitas Persis mengacu pada standar kedalaman dan keluasan materi pembelajaran, meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan umum dan aspek keterampilan khusus masing-masing prodi. Disajikan dengan menggunakan pendekatan Student Learning Center; pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.

SATUAN KREDIT SEMESTER (SKS)

Beban belajar mahasiswa dinyatakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS). Satu SKS setara dengan 160 menit kegiatan belajar perminggu persemester, atau terdiri dari 50 menit tatap muka, 50 menit tugas terstruktur dan 60 menit tugas mandiri.

Setiap prodi memiliki beban belajar sebanyak 144-160 SKS dengan bobot 2-6 SKS/mata kuliah yang tersebar dalam Mata Kuliah Umum (MKU) Universitas meliputi Studi Islam I – IV dan studi Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, serta Kewirausahaan, dan Mata Kuliah Khusus (MKK) masing-masing Prodi, termasuk di dalamnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL)/Praktek Pengalaman Lapangan (PKL) dan Penyusunan Skripsi di akhir semester, Dengan masa studi 4 tahun, mahasiswa dapat memasuki masa wisuda kelulusan.

JAM PERKULIAHAN

Jam perkuliahan dibuka 2 (dua) kelas pilihan untuk setiap prodi. Yakni kelas pagi pukul 07.30-15.00 WIB, dan kelas sore pukul 16.00-21.00 WIB.

KAMPUS UNIPI

Adapun kampus terdiri dari lokasi, yakni kampus 1 di Jl. Pajagalan 14 & 31 dan kampus 2 di Jl. Peta 154 Bojongloa KalerKotamadya Bandung. Selain biaya perkuliahan yang relatif terjangkau, tersedia banyak peluang beasiswa setelah menjadi mahasiswa. Demikian pula, perkuliahan ditunjang oleh tenaga pengajar dosen yang kompeten dan kredibel di bidangnya. Diantaranya dosen lulusan Universitat Deisburg – Essen Germany, UPI, UIN Bandung, Univ BSI, UNIKOM, STMIK, LIKMI, STP, Univ Telkom, UNPAD, ITB, dan UGM.