PRODI IL

Tentang Program Studi Ilmu Lingkungan

"Prodi Ilmu Lingkungan”

Dirancang untuk menghasilkan sarjana ilmu lingkungan yang berakhlakul karimah, concern terhadap permasalahan lingkungan dengan basis khalifah Fil ardl, dan mampu menciptakan produk, pemikiran dan lapangan kerja berbasis penelitian dan teknologi di bidang lingkungan yang bermanfaat serta berkelanjutan. Prospek kerja lulusan prodi Ilmu Lingkungan meliputi, Non Government Organization, Health safety environmental, pengolahan dan manajemen limbah, rekaya air, konsultan Amdal, dan pekerjaan umum bidang lingkungan.

Visi :

“Menjadi Pusat Studi dan Pengembangan Ilmu Lingkungan yang Unggul dan Berorientasi pada Pembangunan Berkelanjutan di Tingkat Nasional pada Tahun 2024”

Misi :

1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang Ilmu Lingkungan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter, dan berwawasan lingkungan.

2. Melaksanakan penelitian         yang    menghasilkan  pengembangan           Ilmu     Lingkungan berlandaskan pilar-pilar pembangunan berkelanjutan.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemecahan permasalahan lingkungan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

4. Membangun kerjasama di tingkat lokal dan regional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

1. Menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang unggul, berkarakter, dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing secara nasional.

2.Menghasilkan penelitian yang berkontribusi terhadap kemajuan Ilmu Lingkungan secara umum, dan dapat diterapkan untuk kemajuan masyarakat secara luas.

3. Menghasilkan solusi atas permasalahan lingkungan yang terjadi di masyarakat.

4. Menghasilkan dan mengembangkan kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan di bidang lingkungan pada tingkat nasional.

Lulusan Program Studi Ilmu Lingkungan dipersiapkan untuk menjadi Sarjana Ilmu Lingkungan yang berakhlaqul karimah, concern terhadap permasalahan lingkungan dengan basis khalifatun fil ardh (agen pemelihara lingkungan di muka bumi), dan mampu menciptakan produk, pemikiran, dan lapangan kerja berbasis penelitian dan teknologi di bidang lingkungan yang bermanfaat serta berkelanjutan bagi masyarakat di masa kini dan masa yang akan datang.

  1. Pegawai Negri Sipil  

    Bekerja di Kementerian atau BUMN yang membutuhkan tenaga ahli bidang lingkungan di seluruh Indonesia

  2. Dosen Ilmu Lingkungan 

    Berkarir dan mengabdi di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

  3. Peneliti Ilmu Lingkungan 

    Menjadi peneliti bidang lingkungan di berbagai lembaga penelitian atau perusahaan.     

  4. Tenaga Ahli Pengelolaan Lingkungan 

    Bekerja di divisi/ bagian pengelolaan lingkungan di suatu perusahaan.   

  5. Ahli K3 (Health Safety Environmental) 

    Bekerja di berbagai bidang industri sebagai ahli K3 (keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja) yang berperan dalam meminimalisir resiko kecelakaan di lingkungan pekerjaan..   

  6. Aktivis LSM/ NGO (Non Government Organization)

    Bekerja pada NGO (Non Government Organization) yang berfokus pada bidang konservasi sumber daya alam atau isu lingkungan lainnya..   

  7. Konsultan Lingkungan (AMDAL, UKL-UPL, KLHS, RPPLH) 

    Tenaga profesional yang memiliki kemampuan dalam pelaporan menganalisis dampak lingkungan dari suatu pembangunan dari tahap sebelum hingga setelah kegiatan berakhir.    

Dosen Program Studi Ilmu Lingkungan

M.H Anang Hadiat, M.I.L
Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam

Melbi Tanjung, M.I.L
Ketua Program Studi

Sri Ratna Wulan, M.I.L
Sekertaris Program Studi

Allan Darma Putra Pramudita, M.T
Dosen Program Studi

Rezha Agistria,M.Sc
Dosen Program Studi

Andriansyah,S.Kom
Tendik Program Studi

Universitas Persatuan Islam

Jl Peta No 154, Suka Asih Kec Bojongloa Kaler
Kota Bandung Jawa Barat 40232

Phone : (022) 20587723/ 081222699980
Email : Info@unipi.ac.id