Field Trip Prodi Pariwisata 2020

fieldtrip

Pada Tanggal 14 Desember 2020 Mahasiswa Program Studi Pariwisata Universitas Persatuan Islam (UNIPI) Bandung melaksanakan kegiatan Studi Lapangan (Field Trip) ke kawasan wisata The Lodge Maribaya yang terletak di Jl. Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Mahasiswa melaksanakan field trip ke The Lodge Maribaya didampingi tim dosen Program Studi Pariwisata yang terdiri dari Muhammad Henfi Abdul Khoir, S.Par., M.P.Par.  dosen pengampu mata kuliah Industri Pariwisata dan Arya Nugraha Soepardi., S.Par., MM.Par dosen pengampu mata kuliah Pemasaran Pariwisata. 

The Lodge Maribaya merupakan Kawasan wisata yang memiliki banyak unit bisnis serta manawarkan berbagai atraksi wisata. The Lodge Maribaya berkembang menjadi tempat wisata berbasiskan woodland serta penginapan dengan tema “Camp and Village” dengan mengedepankan alam sebagai fasilitas utama. Wahana yang ditawarkan The Lodge Maribaya antara lain: Sky Tree, Bamboo Sky, Zip Bike, Mountain Swing, Sky Plane, Hot Air Balloon, Gantole, Glass Deck Dan Sky Web. The Lodge Maribaya juga memiliki unit Bisnis Mulberry Hills, Fairy Garden, Herbal House, dan Museum Geusan Ulun.  

Mahasiswa dan tim dosen berkumpul ke kawasan The Lodge Maribaya pukul 08.00 untuk melaksanakan briefing mengenai teknis pelaksanaan field trip. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling kawasan sambil melihat fasilitas dan pemandangan alam di kawasan tersebut.

Kegiatan field trip tersebut dilaksanakan untuk mengetahui proses pengelolaan The Lodge Maribaya sebagai salah satu pelaku usaha yang bergerak di industri pariwisata, mempelajari The Lodge Maribaya dari aspek perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan suatu destinasi pariwisata serta strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik wisatawan secara langsung. Adapun isi artikel ini akan lebih banyak membahas strategi pemasaran yang dilakukan The Lodge Maribaya untuk mendatangkan wisatawan.

Setelah briefing tepatnya pukul 09.00 rombongan mahasiswa UNIPI yang didampingi tim dosen, disambut oleh perwakilan dari The Lodge Maribaya yaitu Ibu Riswanti dari divisi HRD (Human Resource Development)  dan Bapak Deni dari divisi Sales dan Marketing. Setelah sambutan tersebut langsung dilanjutkan dengan kegiatan presentasi pihak The Lodge Maribaya disertai diskusi antara mahasiswa UNIPI dengan pengelola Kawasan tersebut mengenai strategi pemasaran yang dijalankan. Diskusi mengenai strategi pemasaran yang dilakukan The Lodge Maribaya dipimpin oleh Pak Deni dari divisi Sales dan Marketing.

Dalam diskusi tersebut Pak Deni memaparkan bahwa The Lodge Maribaya mendatangkan wisatawan dengan berbagai strategi pemasaran yang dilakukan. Pemasaran yang dilakukan dilihat dari jangka waktu yang meliputi jangka waktu pendek, jangka waktu menengah, dan jangka waktu panjang.

Strategi pamasaran jangka pendek yang dilakukan antara lain memenuhi kebutuhan konsumen baik B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Costumer), strategi pemasaran jangka menengah antara lain: pengawasan dan pengembangan, menentukan sasaran, dan menentukan volume penjualan, dan strategi jangka panjang antara lain meningkatkan kemampuan divisi pemasaran dan membangun banyak jaringan. 

The Lodge Maribaya bekerja sama dengan berbagai travel agent yang umumnya berlokasi di Provinsi Jawa Barat dan daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Baru-baru ini The Lodge Maribaya promosi ke kawasan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang). The Lodge Maribaya juga melakukan penawaran ke berbagai lembaga terutama perguruan tinggi dan instansi pemerintahan.

Saat ini wisatawan yang berkunjung ke The Lodge Maribaya umumnya dari Jakarta dan sekitarnya dan sebelum terjadi pandemik Covid 19 wisatawan asing yang berkunjung ke Kawasan tersebut tidak kalah banyak dengan wisatawan domestik dan wisatawan asing yang berkunjung umumnya dari Malaysia dan Arab Saudi.

Selama diskusi, mahasiswa bertanya mengenai strategi pemasaran yang dapat mendatangkan wisatawan sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari diskusi tersebut. Diskusi berjalan sampai pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan penyerahan plakat dari Universitas Persatuan Islam (UNIPI) ke The Lodge Maribaya, kemudian dilanjutkan makan siang sambil santai menikmati pemandangan alam serta iklim yang sejuk.

Setelah makan siang, mahasiswa dan tim dosen langsung melakukan kegiatan bebas, dan di akhir kegiatan field trip ini diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan dan pengalaman tentang pemasaran dan industri pariwisata serta dapat mengetahui kondisi lapangan industri pariwisata secara langsung. (Arya Nugraha Soepardi)